12 March, 2011

Bye, Y! My BlogLog



Dear MyBlogLog Customer,

You have been identified as a customer of Yahoo! MyBlogLog. We will officially discontinue Yahoo! MyBlogLog effective May 24, 2011. Your agreement with Yahoo!, to the extent that it applies to the Yahoo! MyBlogLog, will terminate on May 24, 2011.

Bagi yang make My BlogLog tentunya udah dapat notification email dari Yahoo! kan? Fasilitas MyBlogLog akan dihentikan/ditiadakan/no longer exist dari Yahoo! Services mulai 24 Mei ini.

What is Yahoo! My BlogLog?

My BlogLog adalah sebuah servis dari Yahoo! yang membantu blogger untuk tetap berhubungan dengan teman dan mengelola komunitas di seputar blog sendiri: dia dapat melihat siapa pembaca terbaru, bergabung dalam komunitas mereka, atau mencari komunitas pembaca lainnya yang mungkin diminati. MyBlogLog juga membolehkan blogger mengirim pesan kepada anggota lainnya. Simply put, a community within a community.



Gw sendiri ga ingat kapan gw sign up untuk servis ini, dan jujur sampe sekarang pun gw ga begitu mengerti kegunaan BlogLog ini untuk apa. Karena setelah gw sign up dan melihat front page-nya, gw kok merasa ribet sendiri. I myself didn't find this service useful enough for my blog. Iya, ada widgetnya juga, tapi gw lebih prefer widget simpel seperti ShoutMix (prefer tapi bukan berarti gw harus pake yaa :p) untuk berinteraksi dengan reader dan visitor. Just my 2cent :D

Begitu menerima email dari Yahoo akhir Februari kemaren, sedikit banyak membuat rasa ingin tahu gw tentang BlogLog muncul lagi, esp. menyangkut alasan Yahoo! menghentikan servis ini. Cape googling tapi gw malah nemu info lain yang menyebutkan My BlogLog hanya satu dari sekian servis Yahoo yang akan distop pengelolaanya. Ada Delicious, Altavista, Yahoo! BookMarks, dan Yahoo! Picks yang berada dalam daftar antrian di belakang My BlogLog.

Jalan-jalan ke website Yahoo! dan websitenya My BlogLog gw malah ketemu ini:
MyBlogLog will no longer be in service from 24 May 2011. We recommend Yahoo! Pulse as a service for you to see all your social updates from your favorite networks in one place.

Oh-kay, sepertinya Yahoo! pengen fokus di beberapa servis yang emang banyak diminati saat ini (statement ini adalah kata lain dari kurangnya minat konsumen terhadap beberapa produk Yahoo!). Memaksimalkan pemberdayaan Yahoo! Pulse dengan "membunuh" Yahoo! My BlogLog. Well, kalau ini emang bagian dari strategi Yahoo! untuk mempertahankan keberadaannya, let's see how long can it go :)

6 comments:

Andie said...

whahaaha. aku gak tau kalo ternyata udah punya Yahoo Pulse itu sejak akhir November :))

I LOVE GOOGLE!

.PoetZ. said...

Aku juga udah punya kok, wooo :p
woi jangan sebut2 GOOGLE disini..

I LOVE BING!!! #halah

miwwa said...

BlogLog apaan sik apaan sik?? #kampungan #ketinggalan #yudadababaiiii

Ferfau said...

iya, apaan sih? aku taunya wordpress, blogspot, tumblr, posterous, blogdetik, dll..

.PoetZ. said...

@miwwa @ferdict

beneran ga tau My BlogLog?? starting pointnya sih dengan komen2 di widget blogLog yg dipasang di blog, trus bisa log in ke community yg kita bikin di dlm bloglog tsb dan berbaur ama tmn2 yang se-interest. mungkin krn ribet kali ya plus ga byk peminat makanya ga diterusin :D

Ndkshd said...

kalo gak salah bloglog baru aja di beli sama yahoo loh, humm