16 March, 2011

See You in Another Life

Sebenernya gw rada telat mw publish ini. Eja, senior gw di kampus yang di postingan ini gw inform sedang berjuang melawan kanker lidah, akhirnya kalah. Akhirnya Eja pergi selama-lamanya meninggalkan gw, kami, temen-temen serta keluarga yang menyayanginya Jumat kemaren jam 10.50 WIB.

Gw pun taunya udah telat, udah sore ketika cek email. Kaget, udah pasti. Butuh waktu lama buat akhirnya otak gw memahami kata-kata yang dirangkai dalam email tersebut. Gw langsung sms salah seorang senior yang juga temennya Eja buat nanyain ttg almarhumah. Almarhumah ternyata langsung dibawa ke kampung halamannya hari itu di Painan. Temen gw ketika disms ternyata udah otw balik ke Padang. Gw emang ga dekat sama almh, tapi kita pernah punya momen bersama; ambil mata kuliah dan praktikum bareng, begadang bareng buat nyelesain laporan. She was so kind and caring. I felt more sad knowing that she had a baby, a one month old baby! Mungkin ini memang jalan yang terbaik bagi Eja.

Dan di hari yang sama bencana besar melanda Jepang. Gempa berskala 8.9 SR (dan belakangan diupdate sama BMKGnya Jepang menjadi skala 9.0 SR; link) dan disusul dengan tsunami yang menyapu seluruh wilayah di pesisir timur Jepang. Ga cukup dengan tsunami aja, sekarang beberapa reaktor nuklir Jepang meledak berurutan dalam beberapa hari dan menyebarkan ancaman radiasi tidak hanya untuk Jepang tapi juga untuk negara-negara di sekitarnya. Dunia berkabung.

Gw pribadi sih khawatirnya dengan efek ledakan nuklir itu. Walaupun dikabarkan skala INES (International Nuclear and Radiological Event Scale)nya masih 4 dari 7, yg artinya konsekuensi ledakan masi bersifat lokal, tapi kemungkinan yang lebih buruk selalu mengintai. Seperti halnya efek gempa dan tsunami ini yang melebihi ramalan dan dugaan para ahli gempa Jepang. Yah, semoga ledakan nuklir ini tidak berdampak besar bagi Jepang dan sekitarnya. Jangan sampai kayak Three Miles Island (skala 5) ato Chernobyl (skala 7) deh. *merinding abis!

Bagi yang pengen tau sejarah ledakan nuklir di Three Miles Island ato Chernobyl, bisa googling, karena gw yakin akan ketemu banyak banget cerita tentang daerah-daerah fenomenal tsb, cek di wikipedia ato Kaskus. FYI, gempanya udah dikasi nama loh; Tohoku-Chiho Taiheiyo-Oki. Ada yang tau artinya ga?? Kasi tau dong..

Gw berkabung, temen-temen gw berkabung, dunia juga berkabung. Atas bencana dan kejadian menyedihkan yang terjadi di hari yang sama. Untuk Eja dan korban bencana di Jepang, may God forgives your sins. God, please protect us and always show us the good way to be closer to you.

4 comments:

miwwa said...

Innalillahiwainnailaihirajiun..
Bacaan yang sedih untuk mengawali hari uni.. ;(
Semoga mereka mereka yang telah berpulang mendapat tempat yang pantas di sisi Allah amin ..

Andie said...

takut salah koment kalo di post sedih-sedih ginian :( do'ain yang terbaik aja buat bliau yang ditinggalin amin

i-one said...

innalillahi wainnailahirajiun..semoga amal ibadahnya diterima disisinya.amin.salam kenal,kalau ada waktu kunjungi blog ane ya

factory said...

blog buat personal aku rasa kurang mengena tp kalo buat bisnis cocok kalee...hee....http://factory-warehouseindustries.blogspot.com