21 February, 2011

Kanker Lidah

Baru denger, ada kanker yang hinggap di organ pengecap alias lidah. Gw dengar kabar tentang penyakit itu sore ini dari temen, yang bilang kalo ada temen gw yang terkena kanker lidah dan keadaannya udah parah banget. Kanker lidah? Kanker seperti apa itu, apa penyebabnya? Dan dari googling ke berbagai situs, berikut informasi yang gw dapat:

Kanker lidah adalah suatu neoplasma malignat yang timbul dari jaringan epitel mukosa lidah dengan selnya berbentuk squamous cell carcinoma (cell epitel gepeng berlapis) dan terjadi akibat ransangan menahun, juga beberapa penyakit-penyakit tertentu (premalignant) seperti syphilis dan plumer vision syndrome, leukoplasia, reytoplasia. Kanker ganas ini dapat menginfiltrasi ke daerah sekitarnya, di samping itu dapat melakukan metastase secara limfogen dan hematogen.

Penyebab terjadinya kanker lidah adalah merokok, terutama yg lebih dari 2 pack perhari, pemakaian gigi palsu yang tidak sesuai, kebersihan mulut yang buruk, radang kronis dan faktor genetik. Squamous cell carcinoma pada lidah dapat juga disebabkan syphilis atau trauma khronis misalnya tambalan atau gigi yang tajam yg menimbulkan trauma pada lidah. Dilihat dari jenis kelamin kaum pria mempunyai risiko besar terkena kanker lidah, usianya 20-75 tahun. Pria lebih banyak menderita kanker lidah dari pada wanita dimana perbandingannya adalah 2:1, namun kondisi ini tampaknya sudah bergeser karena wanita juga sudah banyak yang merokok.

Gejala kanker lidah, biasanya terdapat luka (ulkus) seperti sariawan yang tidak sembuh dengan pengobatan yang adekuat, mudah berdarah, nyeri lokal, nyeri yang menjalar ke telinga, nyeri menelan, sulit menelan, pergerakan lidah menjadi semakin terbatas. Pada stadium lanjut terjadi kesulitan untuk membuka mulut (trismus) dan adanya pembesaran kelenjar leher.

Kanker lidah ini bisa dicegah tentu saja dengan mengindari penyebab yang bisa memicu timbulnya penyakit ini. Kanker lidah stadium dini bisa diobati dengan radiographi sedangkan pengobatan kanker lidah stadium lanjut adalah dengan mengangkat bagian yang terinfeksi kanker dan melakukan kemo untuk terapinya.

Kita emang ga banyak mendengar tentang penyakit kanker lidah ini, tapi efek yang ditimbulkannya parah juga bagi tubuh kita, bisa mempengaruhi organ tubuh yang lain, apalagi lidah adalah organ penting yang mempengaruhi pola makan kita. Kebanyakan pasien kanker lidah mengalami penurunan berat badan drastis (dan begitu juga temen gw ini) karena ga bisa mengunyah dan menelan makanan, jadinya cuma bisa infus. Jadi jangan sepelein penyakit apapun yang datang ke tubuh kita *self warning, karena gw suka banget nyepelein sariawan, plus gigi berlobang gw belom juga dicabut T.T*

Semoga temen gw cepat sembuh. Ga tega ngeliat badan dia yang kurus karena ga bisa nelan makanan dan lagi, harus berjuang melawan penyakit di lidahnya. Eja, jangan menyerah ya, semangat! :(

5 comments:

Anonymous said...

Wew.:takut

Wish I can quit smoking.#:-s

.: PoetZ :. said...

At least dikurangi lah dikit2 :)

Andie said...

ga ngerokok sih, tapi ini kebersihan mulut susah dijaga huahuahua #nangis

.: PoetZ :. said...

Kapan ultah? Ntar aku kirimin Lotte Xhylitol setruk #eaaa #postinganberbayar #sepamm

rian said...

ada yah kanker lidah? baru denger juga.. jadi serem sendiri