02 April, 2009

Memory of Ribetnya Persiapan Wisuda

Udah tanggal dua april!! wawaw, keren.. (dari hongkong!!)
ga nyadar udah memasuki bulan keempat aja di tahun ini.. tanggal 4 besok udah mo wisuda lagi tu di Unand, cepet banget rasanya yah?? beuuh padahal kemaren rasanya saya baru aja diwisuda :f bakal bertambah aja nih para fresh graduate alias pengangguran intelek yang akan bersaing dengan saya dalam merebut segenggam posisi pekerjaan yang menggiurkan :O

jadi ingat sama ribet2nya persiapan sebelum wisuda. ngejilid skripsi pas mo deadline (pake diancam2 segala sama sekjur; "ga ngumpulin skripsi tepat waktu ga bisa ambil transkrip dan ijazah!" huh!!) daftar buat jadi alumni ke dekanat (jadi alumni aja kudu daptar dan bayar?!?!) bayar uang ini-itu sampe bolak-balik ke bank di PKM, ngurus surat bebas pustaka (biar bisa ngambil ijazah dengan baik dan benar) ambil jubah sama toga (sampe fitting ekspress di depan dekanat daripada ntar kekecilan) bikin pas poto pake yang pake make up (untuk pertama kalinyah, hahahahah) trus sampe repot2 nyari salon yang qualified buat nyalonin dia pas hari H nanti. Eh yang terakhir ini kebanyakan temen saya sewisudaan aja, saya?? sampe H minus satu masi adem2 aja sama dunia, heheheh..

Wisuda, bagi sebagian orang adalah sebuah uPacara yang sakraaaal banget, kastanya di bawah pernikahan dan ijab kabul. Apalagi jika dia adalah anak sulung di keluarga, wew jadi sebuah kebanggaan yang engga terkira tuh. Fenomena yang terjadi di kampus saya, adalah sebuah "kewajiban"bagi seorang wisudawan untuk datang pada acara wisuda Universitas di gedung Auditorium yang berlangsung jam setengah delapan pagi, apalagi jika si wisudawan adalah anak sulung (seperti yang saya bilang sebelumnya) ato orangtua si wisudawan belom pernah datang dan menyaksikan sendiri audit kampus Unand (bah, penting gituh?!) maka si anak HARUS datang ke wisuda universitas.

Awalnya saya menanggapi wisuda ini dengan tanggapan yang biasa aja, saya bahkan ga berminat untuk bela2in bangun dini hari untuk disalon, trus kejar tayang ke audit Unand untuk menghadiri wisuda Universitas. Toh, disana cuma duduk, berdiri lagi, nyanyi2 dikit, duduk lagi, dengerin pidato, trus foto2, udah deh. Lagipula orang tua saya udah pernah kesana, dua kali malah.

Esensi wisuda bagi seorang Poetz, mungkin hanya pada acara pemindahan jambul toga, dikasi ucapan selamat, trus foto2 sama bapak dekan dan ibu kaJur (jarang2 bisa poto gitu :D) Rasanya essensi itu hanya akan saya dapatkan di acara wisuda Fakultas, jadi rasanya acara di Audit ga penting2 amat :D Dan wajar jika ga ada persiapan special, kecuali pontang-panting nyari kebaya dan jilbab yang bisa match.

Tapi, ga semua orang kayak saya lah. Masi fresh di ingatan pada dua minggu terakhir di bulan November, kala saya dan temen2 berjuang mempersiapkan diri menghadapi ujian sidang sarjana a.k.a sidang skripsi. Jadwal sidang ditempel tanggal 17 (kalo ga salah hari senin) dan saya dapet jatah "disidang" pada hari kedua, tanggal 19, jadi bisa sedikit bernapas dengan lega :D kasian yang sidangnya tanggal 18, shock mental dah, heheheh.

Begitu selesai dibantai selama 2 jam di ruang sidang, ngabisin sebungkus tissue ngelap aer mata dan ingusan yang bikin idung perih (jadi inget ijoNK, hehe) hingga akhirnya selamat keluar ruangan menggondol sebuah gelar sarjana, kirain udah bisa santai dikit. Eh, ternyata saya harus melakukan perbaikan sana-sini dulu untuk skripsi, meminta pengesahan dari dosen pembimbing, kemudian pergi ngejilid tu skripsi, baru bisa ngurus tetek bengek buat pendaftaran wisuda.

Skripsi selese dijilid, diantarin ke pustaka jurusan, trus dikasi bebas pustaka, trus disuruh urus ke pustaka pusat sama koperasi mahasiswa. Ya ampun capenya, tapi untung perginya sama temen yang bawa kendaraan, lumayan ga perlu jalan lagi, hehehehe..

Kok ngelantur ke sana sih?? Back to wisuda...
Setelah tetek benget pendaftaran selese, udah bisa sedikit santai lah. Nah, yang cewe pada ribut2 ngomongin beli bahan kebaya yang bagus dimana, tukang jahit yang murah meriah mantap dimana (otak mahasiswa banget!) trus nyalonnya gimana dan dimana. Waduh, baru nyadar ternyata jadi cewe segitu ribetnya yah. Orang udh pusing2 mo belanja beli bahan kebaya yang bagus, nyari tukang jahitnya, ada juga yang mo hunting2 dan booking salon tempat make up-nya ntar. Saya malah asik maen gamehouse ama anak2 di Lab :O

Baru deh, pada H-1, saya nelpon tmn sewisudaan yg tinggal deket kosan, nanya dia make up-an dimana. Ga enak juga kalo saya sendiri yang engga make up, apalagi kalo nekat mao make up sendiri (bisa2 yang buat bibir saya pake ke mata, bisa kacaw dunia entar) kasian tmn2 pada ga mau duduk deket saya ntar.
Saya : Lo mo nyalon dimana?
Tmn : Gw nyalon disini aja.
Saya : di kosan lo buka salon yah?
Tmn : bego, ya engga lah. Tukang riasnya kita panggil ke rumah aja!
Saya : eh, bisa gitu ya, dipanggil ke rumah? kayak jasa delivery gitu??
Tmn : ya bisa dunk. Di kosan gw yang wisuda banyak, ada 6 orang.
Saya : diem, mikir ga jelas
Tmn : Gimana?? Lo nyalon disini aj?? Lo belom nyari kan?? Perasaan tiap hari ke kampus cuma mo maen game, ga ada kepikiran booking salon kan?
Saya : Tau aja lo, dut.
Tmn : Jangan2 kebaya lo juga belom ada nih?!
Saya : ooh, tenang.. Udah ad donk.
Tmn : Oh ya?? Wah, lumayan well prepared juga lo. Beli jadi ya?
Saya : Engga
Tmn : Trus, beli bahan plus diupahin jahitnya?? Dimana??
Saya : Engga juga
Tmn : terus??
Saya : Minjem :D
Tmn : gembel lo. Nyante banget lo mo wisuda. ya udah besok pagi ke kosan gw ya.
Saya : Okeh, btw tukang make up-nya dari salon mana??
Tmn : Ga tau juga gw, direkomendasiin tmn, jd gw langsung tlpon dia
Saya : Ooh...
Tmn : Tapi mereka "beince" gpp yah??
Saya : Hah?? maksud lo punya omongan???
Tmn : engga cewek, tapi bencong.. Cewe jadi2an.
Saya : Astagfirullah..
Tmn : tapi professional kopral! Hasil rekomendasi temen2 gw tuh.. Berarti hasil polesannya engga ngecewain. Bisa masuk kategori bintang tiga dah. Jerawat2 lo tu bisa diamplas hingga ilang tanpa jejak.
Saya : Tai lo!!

dan begitulah temans, pada hari H , pagi harinya, saya akan dimake up sama bencong. Awalnya agak horor juga, karena wajah saya ini akan dipegang2, digrepe2, dicubit2, ditoel2, dipermak sama tukang rias yang BUKAN perempuan. Mimpi apa gw minggu kemaren. Tapi melihat temen2 yang laen nyante aja dipegang2 sama si mas2 cantik (saya dapet urutan digrepe terakhir) plus keliatannya hasilnya emang bagus bukan bualan aja, ya udah,, saya pasrah.. Menolak pun percuma, karena jam 10nya saya harus udah nyampe di gedung PKM buat acara Wisuda Fakultas!! Di sisi lain, sedikit bersyukur karena engga perlu ngantri lama2 kayak tmn2 saya yg laen. Mungkin mereka lagi menguap karena bangun kecepatan, heheheheh.

Ya gitu deh, acara wisuda Fakultas yang cuma 3 jam (sampe pukul satu siang) rasanya engga pantas disandingkan dengan pengorbanan besar seperti bangun dini hari dan ngebut ke salon buat ngantri dirias, ato mahal2 beli dan fitting kebaya jika pada akhirnya hanya dipake pas wisuda aja (dan nikahan, jika masih muat) Duitnya bisa dialokasikan ke hal laen yang lebih penting.

Eits eits, itu adalah pendapat pribadi saya ya, temans. Lain orang lain opini lho. Esensi wisuda sarjana dapet, hematnya dapet, hehehe.. Ngapain boros di saat tangan kita masih "di bawah" minta sama ortu, sekalipun mereka mampu, pasti mereka bangga kalo anak mereka bisa juga bertindak efisien walaupun finansial mencukupi :)

Hidup itu keras, Jenderal!!!

PoetZ Over and Out

PS :
1. dapet award dari Ophie, tapi maap belom sempet dikerjain PeeRnya, mendeskripsiin orang itu perlu telaah lebih mendalam lho, Buk. jiahahahahaahhh... tapi tenang aja, segera gw kerjakan PeeRnya, hehe..
2. Congrats buat uda ZeKy yang tanggal 4 besok juga wisuda. Huaaah,, akhirnya.. omedetto gozaimasu. Gimana, jadi ga nih saia jadi PeWenya uda?? hehehe..


11 comments:

4pak's said...

Kok dak buek tentang "kehilangan gaek" yang waktu tu???
hehehehehehe...

J O N K said...

iya pak, hidup keras lho , hohohoho,,,

wah seru inih wisudanyah :D

Henny Y.Caprestya said...

wow..selamat yah atas wisudanya

seruu!!!

salam kenal yah

PoetZ said...

@4paks gilow..
itu ndk masuk itungan.. judule kan persiapan wisuda.. huh!!

@iJoNK
tingkat keseruannya cuma 60% joNk, cuBa kalo ada doorPrize ato lomba karokean buat wisudawan, pasti gw ikuuttt, hahahaah

@Henny
iya Henny, thx ya congratsnya (walo telat 3 bulan, hueheheheh) salam kenal juga ya, thx for visiting..

krisna_stupid said...

slamat y kk atas wisudanya^^

lam kenal^^

PoetZ said...

@krisna
makasi atas congratsnya, tapi telat 3 bulan euy, hehehehe..
aku dah wisuda desember kemaren..
tp gpp.. salam kenal juga yah ^^

nyubi said...

walau ribet
kan tuh selangkah lagi menuju final
sukses eah

zeki said...

yah dari pada ga komen apa2.... selamat ya buat wisuda nya dan juga buat saya sendiri...^^ (so pastinya...hehe)

OPHIE CHIEN said...

Poetz. sori y rd jrg ngunjungi.. i_net ku jlk amat. giliran lancar, ehh.... gw nya ngntuk brt.. heheh... ZzzZzzZzzZZ

OPHIE CHIEN said...

Poetz. sori y rd jrg ngunjungi.. i_net ku jlk amat. giliran lancar, ehh.... gw nya ngntuk brt.. heheh... ZzzZzzZzzZZ

catra said...

wah si uni udah wisuda ternyata.... selamat yah...