21 May, 2009

Search Engine Baru Saingan Oom Google :D

Wolfram Alpha atau seperti dalam websitenya ditulis sebagai Wolfram|Alpha merupakan nama mesin pencari (search engine) yang baru-baru ini diluncurkan ke publik setelah sekitar dua bulan yang lalu namanya mulai dikenalkan.

Tidak seperti Google atau Yahoo yang hasil pencarian utamanya berupa halaman-halaman web mana saja yang terkait dengan keyword yang Anda masukkan, hasil pencarian Wolfram|Alpha berupa jawaban berdasarkan kata kunci atau pertanyaan yang dimasukkan oleh penggunanya. Jawaban dari Wolfram|Alpha merupakan hasil dari komputasi dari berbagai data objektif dengan mengimplementasikan berbagai model, metoda, dan algoritma.

Sebagai contoh, jika misalnya Anda memasukkan pertanyaan who is president of indonesia? sebagai kata kunci pada Google, Anda akan mendapati link ke berbagai halaman web yang mengandung atau terkait dengan pertanyaan tersebut, sedangkan ketika pertanyaan tersebut digunakan pada Wolfram|Alpha, Anda akan disuguhi satu jawaban bahwa presiden Indonesia saat ini adalah Susilo Bambang Yudhoyono yang dimulai sejak tanggal 20 Oktober 2004.

Terkait contoh di atas, dapat diketahui Wolframe|Alpha bukanlah mesin yang serba tahu, ketika pertanyaan saya ubah menjadi who is first president of indonesia?, Wolframe|Alpha tidak bisa memberikan jawaban, tidak seperti contoh di atas atau ketika ditanyakan who is first president of usa?.

Contoh lain, ketika Anda memasukkan pig flu sebagai kata kunci, oleh Wolfram|Alpha diinterprestasikan sebagai H1N1 (Influenza A) dan hasil yang diberikan berupa data jumlah kasus dan kematian dunia, Indonesia dan negara-negara lain jika diinginkan beserta laporan hariannya. Di sini, tidak diberikan penjelasan lain mengenai H1N1, selain angka-angka tersebut.

Untuk masalah di bidang matematika, perhitungan yang diberikan oleh Wolfram|Alpha sangat baik, dari langkah yang diberikan sampai penggambaran grafik untuk persoalan-persoalan matematis tertentu. Ini dapat dimengerti mengingat Wolfram sebagai pengembang software Matematika.

Untuk lebih dapat memanfaatkan layanan Wolfram|Alpha ini, ada banyak contoh yang diberikan yang meliputi berbagai bidang seperti Mathematics, Statistics & Data Analysis, Physics, Chemistry, Materials, Engineering, Astronomy, Earth Sciences, Life Sciences, Technological World , Transportation, Computational Sciences, Web & Computer Systems, Units & Measures, Money & Finance, Dates & Times, Places & Geography, Socioeconomic Data, Weather, Health & Medicine, Food & Nutrition, Words & Linguistics, Culture & Media, People & History, Education, Organizations, Sports & Games, Music, dan Colors.

***

Saya sendiri udah mencoba, dengan menginputkan data berupa cuaca terkini kota Padang. Dan hasil yang saya dapatkan cukup memuaskan dengan Wolfram|Alpha yang memberikan hasil berupa cuaca kota Padang pada hari ini, sedangkan pada Google hasil yang diberikan adalah berupa beberapa link yang terkait pada kata kunci yang saya masukkan. Namun ketika saya memasukkan kata kunci cara membuat spoiler di blogspot, tidak ada result dari Wolfram|Alpha namun sebaliknya terjadi pada Google.



Kesimpulannya
Wolfram|Alpha dan Google saling melengkapi lah :D
Silahkan mencoba, dan simpulkan sendiri menurut Anda :)
Happy Holiday, all..

Poetz Over and Out


2 comments:

J O N K said...

wah belum pernah nyoba heuheuheu, nanti tak cari dueeehhh

.: PoetZ :. said...

hayo coba =))
sekalian ntar coba inputin nama kamu JonK, ada resultnya ga?? heheheh :D