18 May, 2009

Ternyata Kota Terpadat di Dunia adalah Bandung!!

Bener² diluar dugaan aja nih info. Soalnya saya selalu mikir Jakarta adalah kota terpadat, alasan yang makin menggentarkan niat saya untuk menjejakkan kaki disana, takut kalo begitu turun dari pesawat di Cengkareng, begitu menginjak semen bandara, permukaannya langsung turun setengah senti, heuheuheuheu, lebaynya! Ini info yang saya dapet habis duduk bentar dan baca² di kaskus. Monggo dibaca :D

Tiga wilayah di Kota Bandung diduga menjadi kota terpadat di dunia. Karena kepadatan penduduknya di atas 13.000 jiwa per kilometer persegi. Padahal, idealnya kepadatan penduduk itu lima ratus jiwa per kilometer persegi.

“Tiga wilayah itu adalah Cicadas, Kiaracondong, dan Bandung Kulon. Di negara lainnya juga tidak ada yang kepadatan penduduknya lebih dari 13.000 jiwa per kilometer persegi,” kata Kepala BKKBN Jabar Drs. H. Rukmana Heryana, M.M., seusai pembukaan acara Konsultasi Nasional Kepala Seksi di Bandung, Jumat (27/3). Acara dibuka Kepala BKKBN Dr. Sugiri Syarief, M.P.A.

Masalah kepadatan penduduk di Bandung ini harus diselesaikan oleh seluruh aspek, misalnya oleh bagian tata ruang dan lainnya. Karena kepadatan penduduk itu harus sesuai dengan daya tampung dan daya dukung lingkungan. Bila penduduk di satu daerah terlalu padat dan tidak didukung adanya air bersih, akan kewalahan,” kata Rukmana.

Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana Kota Bandung dra. Wiwiek Idaryati, M.Pd., yang dihubungi secara terpisah menuturkan, rata-rata kepadatan penduduk di Kota Bandung tahun 2009 adalah 13.345 jiwa. Jumlah tersebut didapatnya dari Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kota Bandung tahun 2009. Namun, Wiwiek tidak mengetahui secara pasti kepadatan penduduk per kecamatan.

"Data tentang kepadatan penduduk di tiga wilayah tersebut mungkin data yang lama dan bukan sedunia, tapi mungkin se-Bandung. Karena saat ini kan sudah ada pemekaran wilayah di Kota Bandung, dari 26 kecamatan menjadi tiga puluh kecamatan,” ucap Wiwiek.

Wiwiek mencontohkan, daerah Cicadas sekarang ini ada yang masuk ke Kecamatan Antapani dan ada yang masuk ke Kecamatan Mandalajati. Itu akan memengaruhi penghitungan sebaran penduduk per luas lahan. Bila dilihat dari jumlah penduduk terbanyak di Kota Bandung, ungkap Wiwiek, berdasarkan RKPD itu ada enam wilayah yang termasuk banyak, yaitu Bandung Kulon sebanyak 120.733 penduduk, Batununggal (117.753), Kiaracondong (115.305), Babakan Ciparay (108.725), Bojongloa Kaler (106.867), Cibeunying Kidul (100.927). “Antapani sendiri jumlah penduduknya 67.529,” ujarnya.

Sepertinya wajar lah banyak yang mau menetap disana. Kotanya adem bangeet (iya kan, phie??) sama kayak kampung halaman saya Bukittinggi. Belom lagi arus AC - DC para mahasiswa yang datang dan pergi kaga pake minta izin :p Hadoh hadoh, aya² wae yah.. Berarti bukan Jakarta donk kota terpadat? Hm.. ke JakaRta aah.. ^^

PoetZ over and out..


6 comments:

4pak's said...

Bitu lo tu??
Pdhal ado rncna hijrah k banduang mah
September bisuk

J O N K said...

hahha bandung gituh, emang puput mau ke bandung ? wah asyik donk, bisa bareng2 sama ophie

Dana Telco said...

Wuih, bener-bener padat ternyata.

Petakumpet said...

WHATS???? yaampun... indonesia tambah koleksi rekor lagi...tapi kug rekornya kayak gitu ya? untung aja bukan solo...semoga solo tetep lengang kayak gini biar ga macet n polusi...amin

Ari said...

Wahhh, salah bro. Kalau realita. Jembatan lima terpadat, cuma tak terdata. Satu Rumah kadang lantai ada 3. Di tiap lantai ada 5 kamar, satu kamar dikontrak 4 - 5 orang tinggal itung bro

LaDy said...

oii.. oiii.. hehehh.. maaf telat.. yupss. begitulah.. dan dago trmsuk lokasi elit, yg hrga tanahnya sj 15jt/m2. gile kagak... weleh2.. siap2 aja bagi org2 yg mau bikin rmh disana. ehh.. kbanyakan t4 usaha sih, kyk Fo, bank, t4 mkn.. emm... kpn kita brtmu di jkt??? hahaha. klo aku jd dftar UI,, mgkn juni akhir n juli awl bakal k jkt. mdh2an ga kjebak ma wktu.. doakn ya... ;)