23 March, 2009

Earth Hour Indonesia

Setiap orang bisa membuat perubahan!! Jangan tunggu orang lain memulai, lakukan apa yang bisa Anda lakukan sekarang juga! Serentak di seluruh dunia, 35 negara, 26 kota besar, 370 kota dan lebih dari 10 juta orang akan bergerak dalam satu keselarasan. Apa itu?

Malam itu, mereka semua memadamkan lampunya selama 1 jam, pada jam 20.30 - 21.30 malam waktu setempat. Aksi ini menjadi sebuah kegiatan global yang dikenal dengan nama Earth Hour.

Earth Hour dimulai pada tahun 2007 dengan sebuah pertanyaan sederhana, bagaimana caranya menginspirasi orang untuk mengambil sebuah langkah nyata dalam masalah perubahan iklim? Jawabannya, mintalah penduduk Sidney untuk memadamkan lampunya selama satu jam. Hasilnya? Tanggal 31 Maret 2007, 2,2 juta penduduk dan 2100 pebisnis di Sydney turut ambil bagian dalam aksi tersebut. Lampu dipadamkan selama satu jam - yang disebut sebagai Earth Hour. Jika reduksi efek rumah kaca yang dicapai Sydney selama Earth Hour bisa bertahan selama satu tahun, maka itu akan sama dengan meniadakan 48.616 mobil dari jalan selama setahun.

Bergabungnya berbagai negara dalam Earth Hour tahun ini tentunya akan membawa dampak lebih besar lagi. Menurut direktur eksekutif Earth Hour Andy Ridley, Earth Hour ini mencakup setiap orang dan setiap organisasi, mulai dari satu individu hingga sebuah perusahaan, yang bergabung bersama, berbagi problematika yang sedang dihadapi - perubahan iklim. Pemerintah dan perusahaan turut bergabung secara individual, kelompok agama, sekolah dan komunitas bergabung bersama dalam satu tujuan, membuat perubahan untuk sesuatu yang lebih baik. Sangat menakjubkan melihat begitu banyak dukungan dari seluruh dunia.

Pada saat lampu dipadamkan dari rumah ke rumah, kota ke kota, saat kegelapan melanda, suara kita akan didengar oleh orang-orang yang masih punya kepedulian.
Bagaimana jika tidak? Untuk apa bergabung dengan aksi ini? Apakah benar bisa membuat perubahan? Jika Anda tidak yakin tindakan ini akan membawa perubahan, setidaknya yakinilah, Anda sedang menolong para astronom yang merayakan awal dari National-Dark Sky Week (NDSW). Tindakan untuk memadamkan lampu akan mengurangi polusi cahaya, dan itu hanya untuk seminggu. Tidakkah ada yang ingin berpartisipasi? Tujuan utama dari NDSW adalah membangun kesadaran akan efek dari polusi cahaya. Memang tidak mudah menghilangkan polusi cahaya di seluruh dunia. Namun, sama seperti Earth Hour, kita semua bisa membuat perubahan. Dan jika Anda ikut bergabung, percayalah, keindahan langit yang dihiasi gemerlap indahnya bintang akan dapat Anda nikmati.

Di Indonesia, ajakan dari pemerintah DKI Jakarta dikumandangkan lewat kilasan berita di Metro TV untuk turut ambil bagian dalam Earth Hour.
Aksi ini memang lebih dititik beratkan di Jakarta, kenapa?? Dari situs earthhour Indonesia, didapatkan beberapa fakta bahwa :

* Jakarta adalah kota di Indonesia yang paling boros listrik, sementara masih ada 47% penduduk Indonesia yang belum mendapat akses listrik.
* Indonesia perlu membangun lebih banyak lagi sumber listrik bersih - ramah lingkungan yang menjangkau daerah-daerah terpencil.
* Mematikan lampu 1 jam (kurang lebih) di Jakarta = 300MW alias cukup untuk mengistirahatkan 1 pembangkit listrik :f

Well, bukan berarti kota2 lain ga ikut ambil bagian. Aksi ini hendaknya dilakukan di seluruh belahan bumi, seluruh propinsi, kota, desa, dan seluruh area yang menggunakan listrik!! Saya sendiri sepertinya sudah cukup memberikan partisipasi dengan mematikan lampu di kala tidur, kegiatan yang udah jadi habbit semenjak 4 tahun lalu (bisa masuk itungan kan??) dengan hal ini setidaknya saya bisa mengurangi konsumsi listrik ga berguna saat saya tidur.

So, program ini bakal dilaksanain pada hari Sabtu, 28 Maret 2009 jam 20.30 - 21.30.
Semua pendukung program ini bakal matiin alat-alat elektronik atau segala hal yang membutuhkan listrik.

HARUS IKUT??? Engga juga sih, engga wajib kok. Tapi melihat bumi kita tercinta yang udah diambang kehancuran, kita kayaknya perlu melakukan sebuah aksi "kecil" berdampak "besar" untuk perkembangan di bumi lho, khususnya kamu2 yang berada di Jakarta.
More infos, please click www.wwf.or.id atau www.earthhour.org

Anda adalah 1 dari 1 milyar orang yang mematikan lampu dalam kegiatan ini.
Siapa bilang Anda tidak bisa mengubah Indonesia, bahkan dunia hanya dengan mematikan lampu??
1 orang, 1 lampu, 1 jam, 1 hari, 1 dunia !!
MERDEKA !!!



5 comments:

J O N K said...

wah ada merdeka nya hahahaha ...

wah satu jam pada tgl 28 ya ? mmm tak coba deh :D

OPHIE CHIEN said...

males deh.. mbhs negara indonesia ini.. ga suka..
Indonesia matre... hahahhah

PoetZ said...

@iJoNK
iya dunk, kan demi negara kita juga :D

@ophie
ya deh, enakan membahas cowok aja, wakakakakakak,,

OPHIE CHIEN said...

weleh, weleh.. cowo.. uhh.. lu ga tahu apa gw dah hampir gila gara2 pria?? dah sekarat nih naywaku gara pria ga worthed gitu.. Ati2 deh,, jgn smpai slh milih kyk gw... Knp lu?? dpresi naon???
gn2 gara2 pria yah?? hahahha

.: PoetZ :. said...

@ Ada banyak pria yang ga worthed,, ada juga banyak pria yang worthed, kisah kita ga beda2 jauh lo buk, beneran!! Hufhh.. kapan2 gw cerita deh, form A to Z nyah..
oiya, kpn2 ajarin gw bahasa sunda yak,,