14 March, 2009

Lagi-lagi Mati Lampu..

Sejak tadi pagi hingga sekarang udah 3 kali kejadian mati lampu di area kosan saya. Kemaren juga udah 4 kali mati lampu. Kalo durasi matinya lumayan lama sih, gpp, saya masih bisa mahfum, jadi bisa ngerjain hal yang lain dolo. Nah ini, matinya sebentar-sebentar. 5 menit, 10 menit, belom ada yang nyampe setengah jam ato lebih. Kesel!! Ya wajarlah, gimana engga, kerjaan saya jadi terganggu. Mati lampu pertama jam 07.50 WIB, pas saya lagi cek email, saya tungguin dulu kira-kira 5 menitan,, eh nyala lagi. Yo wess, saya lanjutin cek emailnya.

Mati lampu kali kedua pukul setengah sepuluh tadi, pas lagi chat sama tmn2 via YM. Duh, mati lagi. Karena tadi pagi matinya cuma bentar, ya udah saya lanjutin aja chatnya sambil ngomong dalam hati "10 menit masih mati, baru sign out deh". UPS dah tereak2 minta dimatiin, tp saya pengen liat bukti dulu, ni PLN beneran niat matiin listrik ato engga?! Awas aja kalo matinya bentar2 kayak tadi pagi.

10 Menit berlalu, jeng jeng.. nyala lagi nih listrik. Huffhh,, kesabaran benar2 diuji nih. Cuaca panas dan terik matahari udh membuat pagi ini ga begitu menyenangkan, gara-gara mati lampu dudutt ini. Jadi ingat masa-masa mati lampu sewaktu saya masi dipusingkan oleh skripsi dan antek-anteknya. Pagi ini bikin skripsi, siangnya diasistensiin sama dosen, ntar sore perbaikan lagi. Begitu aja siklus hidup skripsi saya hingga mendapatkan pengakuan untuk bisa diseminarkan alias A.C.C :D. Nah, seiring dengan pusing karena skripsi, saat itu juga lagi heboh2nya masalah mati lampu yang terjadi tiap hari udh kyk jadwal minum obat aja, bahkan lebih.

Saat itu, pihak PLN Area Sumatera Tengah ngakunya lagi memperbaiki beberapa PLTA yang mengalami masalah dengan mesin. Terdengar juga kabar kalo debit air di danau Maninjau menyusut sehingga tidak bisa dijadikan sumber PLTA. Bahkan ada yang nyebarin gosip kalo sebenernya pembangkit listrik PLN baik2 aja, yang jadi masalah adalah sebenernya PLN mendapatkan tender besar milyaran sehingga pasokan listrik dialihkan kesana. Nah, gosip terakhir ini yang santer banget di kalangan masyarakat, sehingga seketika dalam waktu cepat PLN mendapatkan hujatan dan komplain dari berbagai pihak.

Baru hingga keluar pengumuman resmi dari PLN, gosip itupun berangsur reda. PLN pun ngasi pengumuman jadwal pemadaman berkala untuk beberapa wilayah di Sumbar. Pemadaman terpaksa dilakukan karena debit air Danau Maninjau menyusut karena musim kemarau panjang. Dengan keluarnya jadwal pengumuman ini, masyarakat bisa melakukan antisipasi pada saat menjelang dipadamkanny listrik di daerah mereka, termasuk saya. Dengan adanya jadwal, saya jadi tau kapan saya ga bole nyalain komputer (UPS udah rusak :c) kapan saya bisa memperbaiki skripsi dengan nyaman.

Lha ini?? Udah 3 hari pemadaman mendadak terus,, kerjaan saya kan jadinya terganggu. yaa, walo kerjaan saya cuma cek email dan nyari-nyari lowongan kerja, tapi kan tetap saya jadi dirugikan :p.. Duh, gimana ini pak PLN,, tulung jangan matiin sering-sering dunk..

1 comments:

J O N K said...

hehehe, makanya punya mesin diesel, biar lampunya gak mati terus ... :D